oleh : Thesia Ionately 

SDGs’30 (Sustainable Development Goals 2030) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan misi global dunia yang memiliki batas waktu serta parameter target yang harus tercapai hingga tahun 2030, dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut mendeklarasikan. Indonesia harus siap dan mampu bersaing dengan negara-negara lain, tentunya didorong Sumber Daya Manusia berkualitas dan berkompeten yaitu generasi muda sebagai  agen perubahan yang aktif, inovatif dan berakhlak untuk mengimplementasikan SDGs’30 sebagai komitmen. Generasi muda sebagai ujung tombak yang menjadi fokus dalam pemberdayaan, partisipasi dan kesejahteraan. Maka harapan menjadikan generasi muda yang handal dan berdaya saing merupakan dasar tujuan negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh karena latar belakang diatas, Aksi Baik Babel yang terbentuk kurang-lebih akhir tahun 2016 menjadikan Pendidikan sebagai gagasan utama yang dikemas dalam beberapa program berbasis aksi sosial dari, oleh dan untuk generasi muda, yang pada saat ini masih dikhususkan untuk wilayah Bangka Belitung dan sekitarnnya. Aksi Baik Babel yang diprakarsai oleh Generasi Muda Bangka Belitung sebagai organisasi atau wadah bagi generasi muda Bangka Belitung dalam meningkatkan toleransi, simpati dan empati melalui aksi positif dalam program-program yang kreatif dan inovatif.

Aksi Baik Babel melalui program-program yang disusun secara musyawarah dan kesepatan bersama sesuai dengan Visi Organisasi yaitu terwujudnya masyarakat Bangka Belitung yang sejahtera serta memiliki kompetensi yang unggul dalam bidang pendidikan dan bidang sosial serta misi antara lain yaitu:

  1. Melakukan pemberdayaan masyarakat prasejahtera melalui program-program pendidikan dan kewirausahaan.
  2. Memotivasi anak anak di Bangka Belitung melalui program kelas inspirasi agar berprestasi di bidang akademis ataupun non akademi.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan bangka belitung melalui bantuan sarana dan prasarana pendidikan.
  4. Menggalang kemitraan dengan stake holder yang berkompeten dalam bidang kepemudaan, lingkungan dan sosial kemasyarakatan.
  5. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Masyarakat pemuda Bangka Belitung melalui kegiatan volunteering.
  6. Menambah pengalaman dan keterampilan pemuda lokal Provinsi Bangka Belitung agar bisa berkontribusi di organisasi dan masyarakat dengan lebih optimal.

Sistem aksi sukarelawan (volunteering) juga menjadikan Aksi Baik Babel bersifat dinamis melalui segala aspirasi atau ide dari para anggota dan volunteers untuk dapat menjamah aspek sosial-pendidikan masyrarakat Bangka Belitung. Sikap kritis dan antusiasme yang tinggi dari para anggota dan volunteers menjadi atmosfer positif pula dalam perkembangan kemajuan organisasi. Semangat kebersamaan dalam mengupayakan kontribusi tim sangat berpengaruh sebagai motivasi pencapaian target organisasi.

Adapun mekanisme kepengurusan Aksi Baik Babel bersifat program bakti dalam periode satu tahun masa jabatan dengan evaluasi dan kesepakatan bersama. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan leadership dan team-building antar anggota dan volunteers agar dapat saling berkolaborasi untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menghadapi tantangan ataupun permasalahan saat menjalankan program demi efektivitas dan efisiensi pencapaian target organisasi.

Pada awal periode 2017-2018, Aksi Baik Babel yang bertagar #YOGEREKKAPANAGIK atau “Let’s Do It Now” mengimplementasikan target organisasi ke dalam 2 Program Utama sebagai berikut:

  1. Divisi Pendidikan yaitu Optimalisasi peran generasi muda dalam meningkatkan taraf pendidikan generasi muda Bangka Belitung melalui program Pembangunan Perpustakaan Gempita di Desa Kurau Babel, Kelas Mengajar Akhir Pekan, Konsuling Sebaya “Diskusi Rasa” dan Lapak Baca Gratis “Gelar Literasi”.
  2. Divisi Sosial yaitu Optimalisasi peran generasi muda dalam meningkatkan kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitarnya melalui Bakti Sosial, Galang Dana dan Sosialisasi.

Aksi Baik Babel melalui Program Bakti periode 2018-2019 mengusung tema “Partnership for the Goal” dimana mengadaptasi SDGs’30 (Sustainable Development Goals 2030) yang kemudian diturunkan dalam 3 Program Utama sebagai berikut:

  1. Babel Berbudi yaitu Optimalisasi peran generasi muda dalam meningkatkan kualitas pendidikan, budi pekerti dan akhlak.
  2. Babel Peduli yaitu Optimalisasi peran generasi muda dalam meningkatkan kepekaan sosial seperti toleransi, simpati dan empati.
  3. Babel Kreatif yaitu Optimalisasi peran generasi muda dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian organisasi.

 

Aksi Baik Babel senantiasa berupaya menjaga komitmen organisasi yaitu “Sinergi Aksi Membangun Kebersamaan” yang tercermin dari program yang telah dan akan dilaksanakan. Sinergi yang diartikan sebagai bentuk rasa tanggungjawab anggota maupun volunteers terhadap diri sendiri, tanggung jawab diri ke organisasi serta tanggung jawab ke masyarakat dan lingkungan sekitar. Aksi yang diartikan sebagai implementasi nyata komitmen melalui program bakti dan aktualisasi diri . Sehingga diharapkan dari adanya Sinergi Aksi dapat memastikan pencapaian target sesuai visi dan misi organisasi dalam memupuk kebersamaan Generasi Muda Bangka Belitung.

Komentar

komentar

Temukan kami di:

"Yoh Gerek, Kapan Agik"

Aksi Baik Babel adalah komunitas yang berbasis pendidikan dan sosial yang berfokus menyalurkan aksi baik untuk Bangka Belitung.

HUBUNGI KAMI











2017 © Komunitas Aksi Baik Babel

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: