oleh : Zara Widya Karlina

Di penghujung tahun 2017, ABB baru saja menyelesaikan satu dari sekian programnya yaitu Program Alih Ilmu. Program yang sudah berjalan selama 10 bulan ini menjadi saksi berkembangnya ABB mulai dibentuk hingga dikenal oleh masyarakat Bangka Belitung. Tidak hanya Program Alih Ilmu, beberapa program dan kegiatan sudah dikerjakan ABB yang sesuai dengan misi ABB yaitu memberdayakan masyarakat luas dengan berbagai program positif.

Melihat kebelakang ada beberapa kegiatan, diantaranya merupakan kolaborasi dengan berbagai komunitas di Bangka Belitung salah satunya Ikatan Bujang Dayang Pangkalpinang selama bulan Ramadhan. Kegiatan lainnya adalah diundangnya ABB untuk talkshow di berbagai radio di Bangka Belitung yang bertujuan untuk memperkenalkan ABB dan ikut menyebar misinya ke masyarakat luas. Dalam menyebar misinya, ABB membawahi dua bidang yaitu bidang sosial dan pendidikan yang keduanya sudah dijalani di tahun 2017. Keberhasilan dari program dan kegiatan yang dilakukan tidak lepas dengan adanya pemuda-pemudi Bangka Belitung yang bergerak aktif dan ikut menyumbangkan tenaga.

Para pemuda-pemudi Bangka Belitung ini tergabung sebagai volunteer ABB. Volunteer ABB bukan hanya sebagai relawan yang sukarela meluangkan tenaga dan waktunya melainkan sudah menjadi keluarga untuk terus bahu-membahu dalam lancarnya segala kegiatan. Kebersaman dan keakraban tidak hanya dijumpai sesaat tetapi akan terus dipupuk untuk memperkuat hubungan antar volunteer. Salah satu caranya diadakan sebuah Gathering. Di tahun 2017, ABB melakukan Gathering di Teras Nusantara Citraland yang dihadiri semua volunteer. Mengenai satu sama lain perlu untuk memupuk rasa kekeluargaan tersebut. Kegiatan Gathering berhasil dilakukan berkat bantuan para sponsor yang ingin ABB terus berjalan dan menebar kebaikan. Manfaatnya Gathering ini sendiri sebagai ajang untuk mengevaluasi diri, bertukar pikiran dan membicarakan permasalahan yang terjadi saat ini. Susah dan senang yang dialami para volunteer bukan hal baru tetapi itulah yang akan menjadi pengalaman. Banyak rintangan yang dilalui para volunteer agar kebaikan ini terus berjalan.

Permasalahan yang selalu menjadi hal utama adalah hal-hal operasional. Hal-hal operasional yang dianggap sebelah mata tidak bisa dipandang remeh, dengan inilah para volunteer bisa melancarkan aksinya dalam menyebar kebaikan dan ikut menyukseskan kegiatan. Hal yang bisa diambil contoh jauhnya jarak yang ditempuh para volunteer ABB ke tempat tujuan bahkan ikut aksi dalam mengantar segala donasi dan makanan saat banjir bandang yang pernah melanda Belitung. Tanpa adanya volunteer dan kebutuhan operasional, semuanya akan menghambat segala program serta kegiatan yang sudah direncanakan. Oleh karena itu, mari saling bekerjasama dan membantu dalam hal operasional ABB agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan akan berjalan lancar demi membantu sesama masyarakat Bangka Belitung. Yoh Gerek Kapan Agik!

Komentar

komentar

Temukan kami di:

"Yoh Gerek, Kapan Agik"

Aksi Baik Babel adalah komunitas yang berbasis pendidikan dan sosial yang berfokus menyalurkan aksi baik untuk Bangka Belitung.

HUBUNGI KAMI











2017 © Komunitas Aksi Baik Babel

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: