oleh : Divia Hidayati

Suatu wujud nyata untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia terutama Provinsi Kep. Bangka Belitung adalah melakukan aksi kegiatan mengajar gratis di pinggiran kota dengan mempertimbangkan beberapa faktor yakni banyaknya peserta didik dan tingginya minat mereka untuk mengembangkan diri. Aksi Baik Babel telah membentuk suatu program bernama Alih Ilmu (AI) atau Kelas Mengajar yang berfungsi sebagai wadah bagi relawan pengajar muda agar dapat berkontribusi dalam hal tersebut.

Relawan dituntut untuk dapat membantu anak didik lebih memiliki pemikiran yang terbuka terhadap dunia pendidikan dengan cara menyalurkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dan keterampilan yang dikuasai kepada anak didik agar dapat berbagi pengalaman bersama. Satu hal yang menarik bagi pengajar muda adalah ketika harus mencari inovasi-inovasi terbaru agar anak didik tertarik dan antusias terhadap materi yang akan disampaikan.

Alih Ilmu mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017 lalu. Terbagi ke dalam 2 (dua) batch, AI telah dilaksanakan dalam kurun waktu 10 bulan. Berlokasi di Perpustakaan Gempita Kurau Timur, AI dirancang dengan menerapkan berbagai kelas seperti kelas Bahasa Inggris, kelas Diskusi Rasa (Counseling Class), dan kelas Pengembangan Diri. Para pengajar muda yang kreatif dan inovatif ini telah menjadikan anak didik sebagai pribadi yang lebih percaya diri dan berani dengan kemampuan-kemampuan yang mereka miliki, seperti  bernyanyi dan menari di depan orang lain, bercerita pengalaman di depan kelas, dan masih banyak lagi.

Dengan jumlah anak didik kurang lebih 35 orang dan 20 Pengajar Muda Aksi Baik Babel, AI mengundang ketertarikan pemuda Babel untuk ikut serta dalam pelaksanaan kelas ini. AI pernah diliput oleh TVRI BABEL dan kedatangan beberapa tamu dari Bangka Berdaya Quran, Putri Pariwisata, Inovator Nusantara, AOK Jek, PCMI, dan masih banyak lagi. Serta mendapat dukungan dari DPRD Kab. Bangka Tengah dan pemerintah setempat.  Pada tanggal 10 Desember 2017, Alih Ilmu telah selesai dilaksanakan dan dilakukan penutupan untuk periode berikut nya. Semoga AI dapat berkembang lagi dan semakin banyak pemuda BABEL yang tertarik untuk mengikuti program ini. Yoh Gerek Kapan Agik!

Komentar

komentar

Temukan kami di:

"Yoh Gerek, Kapan Agik"

Aksi Baik Babel adalah komunitas yang berbasis pendidikan dan sosial yang berfokus menyalurkan aksi baik untuk Bangka Belitung.

HUBUNGI KAMI











2017 © Komunitas Aksi Baik Babel

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: