oleh : Thesia Ionately

“Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak kamu belajar, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi.”

 Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing. Begitulah slogan Literasi dari Badan Bahasa Republik Indonesia pada bimbingan teknis 73 Tenaga Literasi Republik Indonesia 2017 di Gedung LPMP DKI Jakarta pada bulan Mei 2017 yang diikuti salah satu anggota Komunitas Aksi Baik Babel disampaikan adanya Program Gerakan Literasi Nusantara yang dicanangkan Oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang menyatakan bahwa para Tenaga Literasi ikut berperan aktif dan mensosialiasikan ulang program tersebut bersama Taman Bacaan Masyarakat (TBM) atau Komunitas Literasi di daerahnya masing-masing.  Perkembangan mengenai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sesuai data online pada website Donasi Buku Kemdikbud mengalami pertambahan kuantitas, terlihat semakin banyak penggerak literasi nusantara dalam mengembangkan kegiatan membaca bagi masyarakat terutama di daerah pelosok yang sulit terjangkau oleh infrastruktur dan jaringan komunikasi. Gerakan Literasi Nusantara mengharapkan terjalinnya sistem sosial yang baik melibatkan seluruh lapisan masyarakat untuk peduli meningkatkan minat baca. Gerakan Literasi Nusantara menghubungkan pola interaksi bersama dalam cakupan nasional baik dari kota sampai daerah pelosok Indonesia, sehingga memerlukan peran aktif dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) serta Komunitas Penggiat Literasi untuk mendukung kegiatan ini.

Bentuk pengaplikasiaannya, Aksi Baik Babel sebagai salah satu Komunitas yang peduli akan Literasi dan memiliki perpustakaan aktif di Kurau Timur dan telah terdaftar sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di website Donasi Buku Kemdikbud RI ikut berperan dalam membudayakan minat baca kepada generasi muda di Bangka Belitung melalui program terbarunya yaitu GELAR LITERASI dimana memuat beragam aktivitas menarik seperti lapak baca gratis, pameran buku dan sosialisasi minat baca. Program Gelar Literasi pertama kali telah resmi dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 yang lalu bertempat di Alun-Alun Merdeka Kota Pangkalpinang. Pada awal peresmiannya, Gelar Literasi juga tergabung dalam Festival Sejuta Buku yang membahas perkembangan literasi di Bangka Belitung.

Program Gelar Literasi dari Aksi Baik Babel ini mendapat banyak dukungan dari masyarakat Bangka Belitung pada pengumpulan donasi berupa buku-buku layak baca dengan beragam tema, termasuk dari Kemedikbud dan Kompas Gramedia di Program #AKUBACA. Gelar Literasi melaksanakan kegiatan pertamannya yaitu lapak baca gratis di Alun-Alun Merdeka Kota Pangkalpinang dengan bantuan dari para volunteers sebagai Pegiat Literasi Muda Aksi Baik Babel (ABB). Pada pelaksanaannya, antuasiasme masyarakat kota Pangkalpinang terbilang cukup baik dimana banyak anak-anak yang datang dan asyik memilih serta membaca buku pilihan mereka yang tersedia di lapak baca gratis Gelar Literasi. Selain itu, kegiatan lain seperti testimonial langsung mengenai Gelar Literasi juga mendapat sambutan yang cukup hangat masyarakat sekitar saat berlangsungnya kegiatan. Kegiatana ini berlangsung santai, anak-anak ataupun masyarakat sekitar dapat dengan mudah berkunjung untuk membaca tanpa harus dengan syarat tertentu untuk peminjaan buku ditempat, serta masyarakat juga dapat berdonasi langsung berupa buku di lapak baca Gelar Literasi

Program Gelar Literasi dari Aksi Baik Babel ini juga akan terus berlanjut dan dikembangkan melalui beberapa cakupan kegiatannya seperti lapak baca, pameran buku dan sosialiasasi literasi yang akan diadakan secara berkala. Lapak baca gratis Gelar Literasi akan dilaksanakan pada hari minggu di Alun-Alun Merdeka Kota Pangkalpinang atau tempat lain yang mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar, sedangkan pameran buku dan sosialiasasi literasi akan dilaksanakan berdasarkan rencana jadwal bersama partner dan komunitas lain yang ikut bekerja sama dengan Aksi Baik Babel. Perlu adanya upaya yang lebih ekstra agar Program Gelar Literasi ini bisa terus tetap tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat di Kota Pangkalpinang, dengan kerjasama dan semangat serta dukungan dari berbagai pihak tentunya akan memberikan harapan besar dalam tercapainya membudayakan minat baca pada generasi muda Bangka Belitung. Dengan adanya Program Gelar Literasi dari Aksi Baik Babel diharapkan juga dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat Bangka Belitung akan pentingnya ikut peduli terhadap pendidikan anak-anak kita. Bentuk peduli pendidikan bersama Aksi Baik Babel dapat berupa materil (dana) dan non materil (buku, fasilitas penunjang pendidikan) yang dapat disalurkan melalui Rekening atau langsung ke Sekretariat Komunitas Aksi Baik Babel. Selain itu juga, terbuka pendaftaraan untuk bergabung langsung menjadi Volunteers dan  Pengajar Muda bagi generasi muda Banga Belitung. Informasi terbaru mengenai kegiatan-kegiatan dapat dilihat akun sosial-media (fanpage dan instagram) Aksi Baik Babel. Ayo ikut bersama menebarkan aksi dan senyum baik untuk Bangka Belitung yang semakin baik. Yo Gerek Kapan Agik !!

Salam Aksi. Salam Literasi.

“Alhamdulilah. Project ketiga Gelar Literasi atau lapak baca gratis perdana dari Aksi Baik Babel telah berjalan lancar pada 12 Agustus kemarin. Terimakasih  kepada masyarakat Kota Pangkalpinang atas antusiasnyaa untuk berkunjung ke lapak baca  dari Aksi Baik Babel. Dan sayaa berterimakasih juga kepad tim Aksi Baik Babel yang telah bekerja keras untuk menyukseskan program ini, jangan pernah berhenti untuk melakukan perubahan ke arah lebih baik teman-teman. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita dapat tersadar bahwa pentingnya literasi bagi manusia dan kita dapat mendukung program pemerintah untuk memberantas buta aksara. Salam Literasi.” (Alfin Dwi, Ketua Gelar Literasi).

Komentar

komentar

Temukan kami di:

"Yoh Gerek, Kapan Agik"

Aksi Baik Babel adalah komunitas yang berbasis pendidikan dan sosial yang berfokus menyalurkan aksi baik untuk Bangka Belitung.

HUBUNGI KAMI











2017 © Komunitas Aksi Baik Babel

Pin It on Pinterest

Share This
%d bloggers like this: